Cara Membuat Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar di Microsoft Excel

 




Prodi : Otomasi Perkantoran

AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo teman - teman, disini kita akan belajar cara membuat Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar pada aplikasi Microsoft Excel.


Oke langsung saja kita ke tutorialnya..


1. Pertama yang harus kita lakukan adalah Pensortiran surat, yang mana gunanya adalah untuk membedakan mana surat masuk dan mana surat keluar.

2. Setelah mensortir surat, lalu buatlah 2 agenda yaitu agenda surat masuk pada sheet 1 dan agenda surat keluar pada sheet 2.

* formatnya yang perlu dimasukkan ke dalam tabel adalah sebagai berikut:


* dan apabila kita sudah membuat agendanya di Microsoft excel maka hasilnya akan seperti ini



3. Lalu select semua tabel dan pada Menu File ada Border kemudian pilih All Border untuk memberi garis pada tabel.


4. Untuk mengubah ukuran tinggi tabel, pada menu Cell pilih Format lalu klik pada Row Height. 


5. Dan ubahlah ukurannya menjadi 25.


6. Kemudian ubahlah nama Sheet 1 menjadi Surat Masuk dengan cara klik kanan pada Sheet 1 dibawah lalu pilih Rename dan ubahlah namanya.



7. Setelah kita selesai membuat Agenda Surat Masuk, maka selanjutnya kita membuat Agenda Surat Keluar dengan cara Ctrl+A untuk men-select Sheet 1 kemudian pergi ke Sheet 2 dan tekan Ctrl+V untuk mempaste pada sheet 2.

*Buatlah Agenda Surat Keluar seperti format dibawah


8.  dan ubah nama sheet 2 menjadi Surat Keluar


Dan jika kita sudah membuat Agenda Surat Masuk dan Agenda Surat Keluar maka selanjutnya kita tinggal memasukkan datanya, dan hasilnya seperti berikut.

Agenda Surat Masuk



Agenda Surat Keluar




Begitulah kiranya cara membuat Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar pada Microsoft Excel.
Sekian, semoga bisa membantu. Terima Kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.











































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Arsip Menggunakan Aplikasi Arteri