Tutorial Penggunaan Report Pada Ms.Access


TUTORIAL PENGGUNAAN REPORT PADA MS.ACCESS

Otomasi Perkantoran
Akademi Komunitas Semen Indonesia

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana menggunakan Report pada Ms.Acccess. 

A. Membuat Report Dengan Menggunakan Report Design

Langkah-langkah :
1. Pastikan anda mempunyai Aplikasinya
2. Buka file yang sudah anda miliki / buatlah tabel terlebih dahulu.



3. Setelah file terbuka, klik Create>> Report Design. Seperti gambar dibawah ini :



4. Setelah di klik, nanti akan muncul tampilan gambar seperti ini :



5. Klik Property Sheet pada tools, pada form Property Sheet Ubah Record Source dan pilih tabel.




6. Klik 2 kali di bagian detail, klik Sorting and Grouping.



7. Pilihlah add Group.


8. Pilih field, tekan More pada field, kemudian ganti "With a header section" menjadi "Without a header section" , setelah itu tekan X untuk close pada form Sorting and Grouping tadi.




9. Klik tools Add Exiting Fields lalu dragg field yang dibutuhkan pada bagian detail.




10. Beri Nama pada bagian page header dengan menggunakan tols label pada design, sehingga menghasilkan seperti gambar dibawah ini :



11. Klik Layout View untuk menampilkan.



12. Hasil akhir :


13. Simpan dengan CTRL + S dan beri nama Report.



14. Pilih Print Priview untuk mengeprint data.



15. Hasil akhir dari semua tabel seperti tampilan gambar yang ada dibawah ini :







B. Penggunaan Report dengan menggunakan Report Wizard

Langkah-langkah :
1. Buka file yang sudah anda miliki.



2. Klik Create >> Report Wizard.



3. Pilihlah field yang anda ingin buat, dengan klik tombol >> / > lalu klik next.



4. Klik Next.



5. Isi semua field, lalu klik next.



6. Pilih layout yang ingin anda gunakan lalu klik next.



7. Klik Finish. Lakukan dengan cara yang sama dengan langkah no 1-6.



8. Berikut hasil akhir gambar yang ada dibawah ini :








Begitulah kiranya cara penggunaan Report pada Ms.Access.
Sekian, semoga bisa membantu. Terima Kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Agenda Surat Masuk dan Surat Keluar di Microsoft Excel

Cara Membuat Arsip Menggunakan Aplikasi Arteri